Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki kesulitan dalam melakukan penyesuaian diri dengan kegiatan yang ada di asrama, terutama dalam kegiatan belajar. Peserta didik dituntut untuk konsentrasi dan mandiri pada waktu belajar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyesuaian diri peserta didik dalam belajar di asrama putra dilihat dari 1) Aspek pribadi, 2) Aspek sosial Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 44 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 44 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan terungkap bahwa: secara umum penyesuaian diri peserta didik dalam belajar di asrama putra berada pada kategori baik, dilihat dari indikator 1) Penyesuaian diri peserta didik dalam belajar di asrama putra yang dilihat dari aspek pribadi berada pada kategori baik dan 2) Penyesuaian diri peserta didik dalam belajar di asrama putra yang dilihat dari aspek sosial berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan pada pembina asrama agar dapat membantu peserta didik dalam menyesuaikan diri di lingkungan asrama dalam belajar. Sedangkan untuk peserta didik agar dapat mempertahankan atau lebih baik lagi dalam penyesuaian diri di dalam lingkungan asrama.