Persepsi Peserta Didik tentang Keterampilan dalam Pemberian Layanan Klasikal oleh Mahasiswa PPLBK Sekolah Angkatan 2013 di SMK Negeri 1 Painan

Main Author: Rizki Nofta, Handryadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1366/1/13060139%20RIZKI%20NOFTA%20HANDRYADI%20%20OK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1366/4/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1366/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1366/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1366/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Mahasiswa PPLBK Sekolah yang kurang mampu menguasai keterampilan-keterampilan dalam pemberian layanan klasikal dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik tentang : (1) Keterampilan dasar bertanya, (2) Keterampilan memberikan penguatan, (3) Keterampilan menjelaskan, (4) Keterampilan membuka dan menutup layanan oleh mahasiswa PPLBK Sekolah di SMK Negeri 1 Painan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu peserta didik kelas XI dengan jumlah 391 orang peserta didik dengan sampel sebanyak 65 orang peserta didik dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan teknik analisis persentase. Hasil penelitian ini dapat menemukan bahwa persepsi peserta didik tentang keterampilan memberikan layanan klasikal oleh mahasiswa PPLBK Sekolah di SMK Negeri 1 Painan secara umum berada pada kategori terampil dan dilihat dari beberapa aspek: (1) Persepsi peserta didik tentang keterampilan dasar bertanya oleh mahasiswa PPLBK Sekolah berada pada kategori terampil. (2) Persepsi peserta didik tentang keterampilan memberikan penguatan oleh mahasiswa PPLBK Sekolah berada pada kategori terampil. (3) Persepsi peserta didik tentang keterampilan menjelaskan oleh mahasiswa PPLBK Sekolah berada pada kategori terampil. (4) Persepsi peserta didik tentang keterampilan membuka dan menutup layanan oleh mahasiswa PPLBK Sekolah berada pada kategori terampil. Penelitian ini direkomendasikan kepada mahasiswa PPLBK sekolah agar dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan bimbingan dan konseling secara klasikal di sekolah.