Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih ada peserta didik yang belum dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan belum dapat mengendalikan emosionalnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan : 1) Interaksi teman sebaya, 2) Kecerdasan emosional, 3) Pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kecerdasan emosional peserta didik di Kelas VIII SMP N 1 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Pasaman. Penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Dari hasil perhitungan diperoleh sampel pada penelitian ini adalah 71 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Untuk menganalisis data digunakan rumus Regresi Linear Sederhana digunakan untuk mengungkap pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kecerdasan emosional peserta didik di Kelas VIII SMP N 1 Pasaman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Interaksi teman sebaya berada pada kategori baik. 2) Kecerdasan emosional peserta didik berada pada kategori baik. 3) Pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kecerdasan emosional peserta didik didapatkan signifikan yaitu thitung >ttabel (3,277>1,995). Berarti apabila pengaruh interaksi teman sebaya baik maka mempunyai pengaruh yang baik juga terhadap kecerdasan emosional peserta didik. Penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu kepala sekolah dan guru BK untuk dapat mengembangkan interaksi teman sebaya sesuai dengan kesamaan usia peserta didik, agar dapat berinteraksi dengan baik dan juga dapat mempengaruhi kecerdasan emosional peserta didik.