Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang
Main Author: | Gusti, Yunda Rinjani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1354/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1354/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1354/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1354/4/12010249%20%20GUSTI%20YUNDA%20RINJANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1354/ |
Daftar Isi:
- Hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 78. Hal ini disebabkan karena kurang aktifnya siswa, hanya sebagian siswa yang memiliki buku sumber, siswa kurang serius dalam mendengarkan guru menjelaskan pembelajaran, guru belum menggunakan model dan media yang bervariasi. Penenilitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengaruh penerapan model kooperatif Think Pair Share disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negei 24 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Disegn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu kelas eksperimen VIIIB dan kelas kontrol VIIIC. Instrumen yang digunakan adalah ranah kognitif tes tertulis dalam bentuk soal objektif, ranah afektif lembar penilain diri dan sebagi pembanding digunakan lembar penilaian antar teman dan ranah psikomotor menggunakan lembar observasi. Analisis data digunakan uji t’. Hasil pada ranah afektif nilai rata-rata penilaian diri kelas eksperimen 78,76 dan kelas kontrol 83,10 sedang penilaian antar teman kelas eksperimen 76,91 dan kelas kontrol 81,14. Nilai rata-rata penilaian diri dengan penilaian antar teman mendekati sama maka kedua kelas sampel siswanya mengisi lembar penilaian diri secara jujur. Ranah kognitif hasil analisis data dengan uji t’ diperoleh diperoleh thitung (4,92) dan ttabel (2,04) yang berarti H1 diterima. Pada ranah psikomotor rata-rata capaian optimal kelas eksperimen 78,86 dan kelas kontrol 83,20. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang dengan menerapkan model kooperatif Think Pair Share disertai media gambar pada ranah kognitif, sedangkan pada ranah afektif dan psikomtor kelas eksperimen dan kontrol memperoleh predikat yang sama yaitu B.