Profil Nilai-nilai Karakter Peserta didik di SMP Negeri 12 Padang
Main Author: | Ucok, Kurniawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1351/1/13060197%20ucok%20kurniawan%20%20%20OK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1351/4/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1351/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1351/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1351/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya masalah nilai-nilai karakter peserta didik yang rendah, baik itu dikarenakan oleh dirinya sendiri maupun dari lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) profil nilai-nilai karakter peserta didik dilihat dari aspek kedisiplinan, 2) profil nilai-nilai karakter peserta didik dilihat dari aspek kepercayaan diri, 3) profil nilai-nilai karakter peserta didik dilihat dari aspek kemandirian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Jumlah populasi penelitian ini adalah 536 peserta didik. Penarikan sampel digunakan teknik Proportional random sampling dan sampel pada penelitian ini adalah 81 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan untuk analisa data digunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, terungkap bahwa secara umum profil nilai-nilai karakter peserta didik SMP Negeri 12 Padang berada pada kategori baik. Secara indikator dapat dilihat 1) profil nilai-nilai karakter peserta didik SMP Negeri 12 Padang dilihat dari aspek kedisiplinan berada pada kategori sangat baik, 2) profil nilai-nilai karakter peserta didik SMP Negeri 12 Padang dilihat dari aspek kepercayaan diri berada pada kategori sangat baik, dan 3) profil nilai-nilai karakter peserta didik SMP Negeri 12 Padang dilihat dari aspek kemandirian berada pada kategori baik. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu kepala sekolah dan guru BK untuk dapat mengembangkan dan memberikan motivasi kepada peserta didik agar nilai-nilai karakter terbangun lebih baik.