Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya peserta didik yang masih ragu-ragu dalam menentukan pilihan karir, masih kurang memahami bakat dan minat yang ada di dalam dirinya dan masih bingung dengan karir yang akan dimasuki setelah lulus dari SMA sesuai dengan jurusan yang dipilihnya walaupun guru BK telah memberikan layanan informasi tentang pilihan karir kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peran guru BK dalam mempersiapkan peserta didik dalam memilih karir, 2) Peran guru BK dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan karir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi seluruh kelas XII di SMA Negeri 8 Padang dengan jumlah 253 orang. Teknik penarikan sampel adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 125 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik presentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Peran guru BK dalam mempersiapkan peserta didik dalam pemilihan karir berkategori berperan, (2) Peran guru BK dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan karir berada dalam kategori sangat berperan. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar dapat mengembangkan karir peserta didik dengan baik, dan guru BK dapat memberikan layanan BK di sekolah khususnya layanan bimbingan karir. Dengan itu peserta didik akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada didalam dirinya dan mengetahui karir yang akan di pilih nantinya sesuai dengan jurusannya. Guru BK juga dapat mengarahkan peserta didik dengan memberikan layanan informasi tentang karir.