Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Learning Cycle 5-E Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI Untuk SMA
Main Author: | Azizah, Azizah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1346/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1346/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1346/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1346/4/12010238%20AZIZAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1346/ |
Daftar Isi:
- Proses belajar mengajar merupakan suatu kegiatan interaktif yang bernilai edukatif. Interaksi ini perlu dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mencapai hasil yang optimal sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Untuk menciptakan interaksi edukatif yang baik dalam pembelajaran perlu diketahui berbagai persyaratan salah satunya yaitu sarana yang dapat mebantu proses komunikasi, yaitu media. Media yang umumnya terdapat disekolah seperti torso, gambar, dan power point belum bisa menarik perhatian siswa untuk belajar. Berhubungan dengan itu dikembangkanlah media pembelajaran berupa LKS berbasis Learning Cycle 5-E pada materi sistem pernapasan kelas XI untuk SMA. Penelitian ini ber tujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKS berbasis Learning Cycle 5-E. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D. yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Tahap define terdiri dari analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas dan analisis konsep. Pada tahap design dilakukan perancangan media pembelajaran berupa LKS pada materi sistem pernapasan. Kemudian pada tahap develop dilakukan uji validitas oleh validator yang terdiri dari 3 orang dosen dan 2 orang guru SMAN 6 Padang. Uji praktikalitas oleh 2 orang guru dan 32 orang siswa kelas XI SMA. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis Learning Cycle 5-E oleh validator menujukkan bahwa LKS berbasis Learning Cycle 5-E ini pada kriteria sangat valid yaitu 83,6% Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa LKS berbasis Learning Cycle 5-E ini pada kriteria sangat praktis yaitu 84,2% dan hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan bahwa LKS berbasis Learning Cycle 5-E ini pada kriteria sangat praktis yaitu 82,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Learning Cycle 5-E Pada Materi Sistem Pernapasan yang dihasilkan telah memenuhi kriteria yaitu sangat valid dan sangat praktis.