Pelaksanaan Layanan Penempatan dan Penyaluran dalam Pengembangan Diri Peserta Didik Oleh Guru BK (Studi di Kelas XI SMAN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat)

Main Author: Rama, Witri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1343/1/13060177%20RAMA%20WITRI%20%20%20OK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1343/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1343/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1343/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1343/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya peserta didik yang main-main dan bercanda saat mengikuti kegiatan pengembangan diri dan juga masih ragu dalam memilih jenis kegiatan pengembangan diri yang sesuai dengan bakatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat: (1) Perencanaan layanan penempatan dan penyaluran dalam pengembangan diri peserta didik oleh guru BK, (2) Pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran dalam pengembangan diri peserta didik oleh guru BK, (3) Evaluasi layanan penempatan dan penyaluran dalam pengembangan diri peserta didik oleh guru BK. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas XI SMAN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat sebanyak 162 peserta didik. Jumlah sampel sebanyak 62 orang, dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Sumber data penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari peserta didik kelas XI dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari Tata Usaha SMAN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Instrumen yang digunakan adalah angket. Temuan penelitian menghasilkan bahwa: (1) Perencanaan layanan penempatan dan penyaluran dalam pengembangan diri berada pada kategori cukup baik, (2) Pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran dalam pengembangan diri berada pada kategori baik, (3) Evaluasi layanan penempatan dan penyaluran dalam pengembangan diri berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan temuan penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru BK agar lebih meningkatkan pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran secara maksimal dalam menempatkan peserta didik sesuai dengan minat dan bakatnya.