Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membantu Peserta Didik Menentukan Jurusan ke Perguruan Tinggi di Kelas XII SMAN 2 Kota Padang Panjang

Main Author: Refki, Linaldi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1341/2/13060171%20REFKI%20LINALDI%20%20%20%20ok.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1341/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1341/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1341/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1341/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang tidak mengetahui tata cara pemilihan jurusan ke perguruan tinggi, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik menentukan jurusan ke perguruan tinggi dilihat dari pelayanan klasikal, 2) Peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik menentukan jurusan ke perguruan tinggi dilihat dari pelayanan kelompok, 3) Peran guru Bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik menentukan jurusan ke perguruan tinggi dilihat dari pelayanan individual. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun informan kunci dari penelitian adalah 3 orang informan kunci, yaitu guru BK, dan 3 orang informan tambahan yaitu kepala sekolah, salah satu guru mata pelajaran, serta perwakilan peserta didik kelas XII. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, teknik yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan 1) Peran guru Bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik menentukan jurusan ke perguruan tinggi dilihat dari pelayanan klasikal dipengaruhi oleh waktu atau jam guru BK yang terbatas, 2) Peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik menentukan jurusan ke perguruan tinggi dilihat dari pelayanan kelompok dipengaruhi oleh waktu yang terbatas, 3) Peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik menentukan jurusan ke perguruan tinggi dilihat dari pelayanan individual dipengaruhi oleh materi layanan yang diberikan, jenis materi atau serta tindak lanjut. Peneliti merekomendasikan kepada guru BK agar peranan guru BK terkait dengan pelayanan konseling dapat dilaksanakan secara optimal.