Hubungan Kompetensi Pendidik dengan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi terhadap Kelas X dan XI SMA N 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan)
Main Author: | Nela Deslima, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1338/4/13060150%20NELA%20DESLIMA%20PUTRI%20%20ok.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1338/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1338/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1338/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1338/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pendidik yang tidak mempersiapkan RPP saat mengajar, adanya pendidik kurang menguasai materi pelajaran, adanya pendidik yang kurang percaya diri saat mengajar, adanya pendidik yang kurang sopan, adanya pendidik yang mengajar tidak pada bidangnya dan adanya nilai peserta didik di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum. Tujuan penelitian ini menggambarkan: 1) Kompetensi pendidik, 2) Hasil belajar peserta didik dan 3) hubungan kompetensi pendidik dengan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan korelasi. Populasi penelitian ini adalah 62 orang pendidik sedangkan sampel penelitian sebanyak 62 orang berdasarkan teknik total sampling, pengumpulan data menggunakan angket, analisa yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan analisis korelasi. Hasil penelitian di kelas X dan XI di SMA N 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan didapatkan hasil: 1) Kompetensi pendidik kelas X dan XI di SMA N 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kategori cukup baik. 2) Hasil belajar peserta didik kelas X dan XI di SMA N 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kategori tidak tuntas. 3) Hubungan kompetensi pendidik dengan hasil belajar peserta didik yaitu hipotesis kerja (Ha) dapat diterima dan terdapat hubungan yang signifikan yang menunjukkan arah hubungan yang positif dengan koefisien kuat. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik, guru mata pelajaran , guru BK dan peneliti selanjutnya untuk terus meningkatkan potensi-potensi yang ada pada dirinya.