Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP N 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Widya, Monesa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1334/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1334/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1334/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1334/4/12010223%20WIDYA%20MONESA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1334/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan motivasi siswa masih rendah dalam belajar, siswa belum terlatih bekerjasama membentuk diskusi kelompok belajar dalam memecahkan konsep- konsep yang belum dipahami, metode yang digunakan guru pada saat mengajar metode ceramah, media yang digunakan hanya gambar yang terdapat pada buku paket yang tersedia, hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP N 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP N 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized control group posstest only design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VII6 sebagai kelas eksperimen dan VII5 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu tes akhir hasil belajar siswa dalam bentuk tes objektif sebanyak 24 butir soal, dan instrumen yang digunakan untuk melihat ranah afektif dan psikomotor siswa dalam belajar adalah dengan menggunakan rubrik penilaian observasi siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis pada ranah afektif dari nilai rata-rata perindikator kelas eksperimen yaitu 77.95 dengan predikat (B), dan kelas kontrol nilai rata-ratanya 77.60 predikat (B). Ranah kognitif yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen 72.04 predikat (B) dan kelas kontrol yaitu 58.85 predikat (C). Uji hipotesis diperoleh thitung 3.37 dan ttabel 1.68 dimana thitung > ttabel yang berarti hipotesis penelitian diterima. Nilai ranah psikomotor dari rata-rata capaian optimum siswa kelas eksperimen yaitu 79,17 dengan predikat (B) dan kelas kontrol yaitu 64,24 predikat (C). Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif siswa kelas VII SMP N 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.