Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Yola, Setria Nengsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1333/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1333/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1333/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1333/4/12010217%20YOLA%20SETRIA%20NENGSIH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1333/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran berpusat pada guru. Tanggung jawab siswa dalam mengerjakan latihan dan pekerjaan rumah (PR) masih kurang. Guru tidak mempertimbangkan pembagian kelompok secara heterogen, pembagian kelompok hanya berdasarkan tempat duduk saja. Siswa tidak mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum proses pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah Penerapan model pembelajaran Discovery learning disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posstest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 2 SMAN 1 Lengayang tahun 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan menggunakan Purposive sampling dengan kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA3 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu tes akhir hasil belajar siswa dalam bentuk tes objektif sebanyak 46 butir soal, ranah afektif siswa adalah dengan dua aspek yaitu bekerja sama dalam kelompok, dan bertanggung jawab serta untuk ranah psikomotor siswa dilihat dari kelengkapan isi laporan diskusi, kerapian dan kebersihan dalam penulisan. Data dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian pada ranah kognitif kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 3,21 berada pada predikat B+, kelas kontrol 3,11 berada pada predikat B. Pada ranah afektif aspek bekerja sama kelas eksperimen diperoleh nilai modus perindikator (3,53), kelas kontrol (3,41) kedua kelas sampel relatif sama berada pada predikat B, Pada aspek bertanggung jawab kelas eksperimen berada pada predikat C (2,92), kelas kontrol berada pada predikat B (3,07). Capaian optimumnya kelengkapan isi laporan diskusi kelas eksperimen (3,76), kelas kontrol (3,94) kedua kelas sampel relatif sama berada pada predikat A- , kerapaian dan kebersihan dalam penulisan kelas eksperimen A- (3,58), kelas kontrol B+ (3,23), dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery learning disertai media gambar pada ranah kognitif tidak dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa, ranah afektif dan ranah psikomotor kedua kelas sampel relatif sama pada materi sistem pernapasan kelas XI SMAN 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.