Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 4 Koto Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Rusvalinda, Rusvalinda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1323/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1323/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1323/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1323/4/12010184%20RUSVALINDA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1323/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang aktif dalam pembelajaran Biologi di SMPN 4 Koto Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini mengakibatkan banyak siswa yang pasif selama proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya nilai rata-rata Biologi siswa pada materi ekosistem. Rendahnya hasil belajar siswa menuntut guru untuk memilih metode, model, serta strategi yang tepat. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menerapkan metode pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar biologi pada ranah kognitif dan ranah afektif siswa kelasVII SMPN 4 Koto Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan menggunakan Purposive sampling, sehingga diperoleh kelas sampel adalah kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk penilaian kognitif adalah tes akhir hasil belajar dalam bentuk tes objektif sebanyak 47 butir soal. Pada ranah afektif penilaian menggunakan lembaran observasi yaitu memperhatikan dan mendengarkan guru, dan bekerja sama. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen 76,09 dan kelas control 69,69. Uji hipotesis diperoleh thitung 1,94 dan ttabel 1,68 dimana thitung >ttabel, yang berarti hipotesis diterima. Nilai untuk ranah afektif siswa pada kelas eksperimen 88,61 dan kelas control 87,99. Uji hipotesis diperoleh thitung 1,94 dan ttabel 1,68 dimana thitung >ttabel, yang berarti hipotesis ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif, sedangkan pada ranah afektif tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2016/2017.