Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Know-Want-Learn (KWL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Neneng Putri Azona, Putri Azona |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1319/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1319/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1319/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1319/4/12010168%20NENENG%20PUTRI%20AZONA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1319/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang masih dibawah KKM yaitu 76 hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran guru terbiasa menggunakan metode ceramah, media yang digunakan oleh guru hanya media papan tulis saja. Siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran, kurangnya minat siswa dalam membaca materi untuk hasil belajar biologi pada materi ekosistem. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi belajar aktif tipe Know-Want-Learn (KWL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi belajar aktif tipe Know-Want-Learn (KWL) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan model desain Randomized Control-Group Postes Only Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan korelasi taraf kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan thitung= 3,31 sedangkan ttabel = 1,67. thitung> ttabel, dengan demikian hipotesis (H1) diterima. Penilaian ranah pengetahuan (kognitif) pada kelas eksperimen berada pada predikat B (79,73), kelas kontrol berada pada predikat B (72,66). Penilaian ranah sikap (afektif) pada kelas eksperimen berada pada predikat B (79,99), kelas kontrol berada pada predikat B (71,19). Penilaian ranah keterampilan (psikomotor) pada kelas eksperimen berada pada predikat B (72,02), kelas kontrol berada pada predikat C (64,21). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar biologi dengan penerapan strategi belajar aktif Tipe Know-Want-Learn (KWL) terhadap hasil belajaran biologi siswa kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan.