Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Disertai Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 2 Pariaman

Main Author: Muslimah, Anif
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1317/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1317/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1317/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1317/4/12010157%20MUSLIMAH%20ANIF.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1317/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi disebabkan karena proses belajar mengajar. Proses pembelajaran masih bersifat pasif dan siswa kurang menanggapi penjelasan dari guru. Untuk mengatasi permasalahan yang ditemui disekolah tersebut, dituntut kreativitas guru menggunakan model yang pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model yang menuntut kreativitas siswa adalah model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri disertai media power point terhadap hasil belajar kelas X SMA N 2 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan dilaksanakan pada kelas X MIPA di SMA N 2 Pariaman. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA N 2 Pariaman yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dengan mengunakan teknik purposive sampling. Diperoleh kelas sampel yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam ranah kognitif ini adalah berupa tes soal objektif sebanyak 30 butir soal. Penilaian ranah afektif dan ranah psikomotor berupa lembaran observasi, analisis data yang digunakan pada ranah kognitif dengan menggunakan uji-t’, afektif, dan psikomotor dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf (=0,05). Hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antar kedua kelas sampel. Rata-rata nilai ranah kognitif kelas ekperimen 87,2 dan kelas kontrol 86,2. Pada ranah afektif didapatkan rata-rata nilai kelas eksperimen 83,36 dan pada kelas kontrol 85,54, dan pada ranah psikomotor kelas ekperimen memiliki rata-rata 71,58 dan kelas kontrol 81,48. Hasil uji hipotesis didapatkan pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor hipotesis ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri disertai media power point dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif dan tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah afektif, dan psikomotor siswa kelas X SMA N 2 Pariaman.