Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heat Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Gusneti, Gusneti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1316/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1316/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1316/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1316/4/12010155%20gusneti.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1316/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran dan belum terlihat kerja sama antar siswa. Proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran berlangsung pasif. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa, ini terlihat dari rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan yang memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II di SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random, sehingga terpilih kelas X10 (kelas eksperimen) dan kelas X7 (kelas kontrol). Data pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diperoleh berupa ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil tes akhir didapatkan nilai rata-rata pada tes akhir kelas eksperimen yaitu 66,61 dan kelas kontrol 46,39. Dengan uji-t didapatkan nilai thitung = 7,62 sedangkan nilai ftabel = 1,76, maka thitung > tt ini menunjukkan H0 ditolak dan hipotesis diterima. Pada ranah afektif kelas eksperimen didapatkan nilai 3,7 dengan predikat A-, pada kelas kontrol didapatkan nilai 3,1 dengan predikat B berarti penilaian afektif pada kedua kelas sampel menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Pada penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen didapatkan nilai 3,85 dengan predikat A, pada kelas kontrol didapatkan nilai 3,83 dengan predikat A- kedua kelas sampel relative sama berada pada predikat A. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi Tumbuhan (Plantae) kelas X di SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.