Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Puji, Anatry Deyesya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1314/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1314/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1314/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1314/4/12010129%20PUJI%20ANATRY%20DEYESYA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1314/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya interaksi antar siswa, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga siswa menjadi pasif pada saat pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka guru dituntut kreatif dalam memilih dan menggunakan model/strategi pembelajaran serta media pembelajaran yang tepat, khususnya pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group-Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dan didapatkan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk kognitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif sebanyak 35 butir soal, sedangkan pada ranah afektif berupa lembaran observasi. Teknik analisis data kognitif dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hipotesis pada penelitian ini di uji dengan menggunakan uji-t dengan criteria thitung>ttabel Berdasarkan analisis hasil belajar yang diperoleh perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,66 dan 74,44 untuk kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel artinya hipotesis ranah kognitif dan ranah afektif diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari ranah kognitif dan afektif kelas VIII SMPN 10 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017.