Daftar Isi:
  • Hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sutera masih berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), salah satunya materi sistem peredaran darah. Penyebabnya antara lain karena partisipasi siswa kurang terlihat ketika siswa tidak mau bertanya pada guru tentang materi yang belum dipahami dan dalam diskusi kelompok hanya beberapa siswa saja yang aktif sedangkan yang lain hanya menyalin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar di semester I tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Hasil teknik ini didapatkan kelas eksperimen dan kontrol yaitu XI IPA5 dan XI IPA4. Instrumen yang digunakan dalam ranah kognitif adalah berupa tes tertulis, ranah afektif adalah lembar penilaian diri dan antar teman, dan ranah psikomotor berupa laporan hasil diskusi. Analisis data yang digunakan pada ketiga yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor menggunakan uji-t dengan taraf (α = 0,05). Hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kedua kelas sampel. Rata-rata nilai ranah kognitif kelas eksperimen 75,67 dan kelas kontrol 71,92. Pada ranah afektif nilai penilaian diri pada kelas eksperimen 84,95 dan kelas kontrol 80,04. Teknik penilaian antar teman pada kelas eksperimen 74,92 dan kelas kontrol 78,94. Pada ranah psikomotor kelas eksperimen memiliki rata-rata 54,55 dan kelas kontrol 50,22. Hasil uji hipotesis didapatkan pada ranah kognitif H1 diterima, sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor Ho diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada ranah kognitif dan tidak dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.