Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang aktif dalam pembelajaran, karena siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan guru, sehingga interaksi yang terjadi hanya satu arah. Hal ini menyebabkan rendahnya nilai rata-rata Biologi siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Rendahnya hasil belajar siswa menuntut guru untuk memilih metode, model, serta strategi yang tepat. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar biologi pada ranah afektif, ranah kognitif, dan psikomotor siswa kelas VII SMP N 13 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 13 Sijunjung tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan menggunakan Purposive sampling, sehingga diperoleh kelas sampel adalah kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penilaian adalah pada ranah afektif dalam bentuk penilaian diri dan penilaian antar teman, pada kognitif dalam bentuk soal objektif, pada psikomotor dalam bentuk laporan. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil rata-rata nilai untuk sikap siswa pada kelas eksperimen 71,23 dan kelas kontrol 67,17. Hasil nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen 73,31 dan kelas kontrol 58,39. Uji hipotesis diperoleh thitung 5,25 dan ttabel 1,68 dimana thitung >ttabel, yang berarti hipotesis diterima. Keterampilan siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata capaian optimum 76,75 dan kelas kontrol 82,5. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Examples Non Examples berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP N 13 Sijunjung pada ranah kognitif sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP N 13 Sijunjung.