Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang
Main Author: | Cece, Bucika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1298/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1298/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1298/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1298/4/12010008%20CECE%20BUCIKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1298/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran Biologi di SMP Muhammadiyah 6 Padang, proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa hanya mengandalkan catatan dan penjelasan dari guru, siswa malas bertanya kepada guru jika ada pelajaran yang tidak dimengerti, pada pembentukan kelompok hanya sedikit siswa yang berpartisipasi dalam diskusi sehingga menyebabkan rendahnya nilai rata-rata Biologi siswa pada ekosistem. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menerapkan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH). enelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar biologi pada ranah kognitif an ranah afektif siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan menggu an Purposive sampling, sehingga diperoleh kelas sampel adalah kelas VII2 eksperimen dan kelas VII1 kontrol. Instrumen yang digunakan untuk ranah Kogniitif adalah tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 55 butir soal, sedangkan ranah afektif data berupa lembar observasi. Teknik analisis data kognitif dilakukan uji normalitas, uji homoenitas, dan uji hipotesis. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t dengan kriteria thitung > ttabel. Hasil penelitian pada ranah kognitif terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibandingan kelas kontrol yaitu 70,59 dan kelas kontrol 65,21. Pada ranah afektif pada aspek bertanggung jawab dan komunikasi skor rerata kelas eksperimen yaitu 3,34 dengan predikat B+ dan kelas kontrol 2,86 dengan predikat B . Uji hipotesis ranah kognitif diperoleh thitung 2,24 dan ttabel 1,68 dimana thitung >ttabel, yang berarti hipotesis diterima. Uji hipotesis ranah afektif diperoleh thitung 2,95 dan ttabel 1,68 dimana thitung >ttabel, yang berarti hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun Ajaran 2016/2017 pada ranah kognitif dan ranah afektif.