), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Novria, Niza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1296/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1296/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1296/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1296/4/11010313%20NOVRIA%20NIZA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1296/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi bagaimana usaha guru biologi semaksimal mungkin untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar biologi, namun dalam kenyataannya dijumpai sejumlah guru yang menggunakan model tertentu tidak cocok dengan isi atau tujuan pembelajaran, begitu juga hal itu terjadi di SMAN 1 Sutera kabupaten pesisir selatan. Bahwa hasil belajar biologi siswa masih di bawah KKM 80, Siswa cenderung pasif dalam proses belajar karena pembelajaran masih berpusat pada guru, tidak terlihatnya interaksi antara siswa dengan siswa lainnya, Berdasarkan latar belakang penulis menggunakan model Think Pair Share disertai media gambar secara individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sutera yang terdaftar semester I tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling secara random dengan cara pengundian. Hasil teknik ini didapatkan kelas eksperimen dan kontrol yaitu X.8 dan X.4. Instrumen yang digunakan ranah kognitif berupa tes tertulis, ranah afektif berupa lembaran penilaian diri dan psikomotor berupa tugas menggambar. Sedangkan teknik analisi data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian pada ranah kognitif nilai pada kelas eksperimen 51,26 dan kelas kontrol 41,51. Hasil analisis uji t pada taraf kepercayaan 0,95% didapatkan thitung1,89 dan ttabel 1,67 thitung>ttabel ( diterima). Pada ranah afektif penilaian diri kelas eksperimen 72,12 dan kelas kontrol 72,43. Hasil analisis uji t pada taraf kepercayaan 0,95% didapatkan thitung -0,08 dan ttabel 1,66 thitung<ttabel ( ditolak) sedangkan penilaian diri antar teman kelas eksperimen 71,46 dan kelas kontrol 64,47. Hasil analisis uji t pada taraf kepercayaan 0,95% didapatkan thitung 2,44 dan ttabel 1,67 thitung>ttabel ( diterima), dan pada ranah psikomotor tugas menggambar kelas eksperimen 52,15 dan kelas kontrol 31,86. Hasil analisis uji t pada taraf kepercayaan 0,95% didapatkan thitung 5,09 dan ttabel 1,67 thitung>ttabel ( diterima). Dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, afektif (Penilaian Diri Antar Teman) dan Psikomotor biologi siswa kelas X SMAN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.