), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Disertai LDS Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 16

Main Author: Wike, Putri Cintia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1293/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1293/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1293/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1293/4/11010269%20WIKE%20PUTRI%20CINTIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1293/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar Biologi siswa kelas X SMAN 16 Padang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 78. Salah satu penyebab hasil belajar belum mencapai KKM karena beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah pembelajaran masih terpusat pada guru, minat belajar siswa rendah, dan siswa kurang aktif saat proses pembelajaran. Akibatnya interaksi hanya terjadi satu arah yaitu guru dengan siswa sedangkan siswa dengan siswa tidak terjadi interaksi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkanlah model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) disertai LDS agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 16 Padang pada ranag afektif, kognitif dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah sembilan kelas. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dengan cara undian, kelas pertama yang terambil sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas yang kedua sebagai kelas kontrol, maka diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas X2 dan Kelas kontrol yaitu kelas X3. Instrumen penelitian ini pada ranah afektif menggunakan observasi sikap, pada ranah kognitif dalam bentuk soal objektif tes tertulis, dan pada ranah psikomotor dalam bentuk laporan hasil diskusi. Teknik analisis digunakan uji - t Berdasarkan hasil analisis data penilaian. Nilai rata-rata pada ranah afektif untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 69,22 dengan predikat C dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 63,28 dengan predikat C. Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata nilai tes akhir siswa kelas eksperimen adalah 77,52 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 68,80. Hasil analisis uji-t, diperoleh thitung (2,62) > ttabel (1,61) yang berarti H1 diterima. Nilai rata-rata pada ranah psikomotor diperoleh 79,17 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rara-rata 70,83 Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 16 Padang pada ranah kognitif, sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor tidak terjadi peningkatan hasil belajar.