Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Ria, Handayani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1292/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1292/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1292/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1292/4/11010266%20RIA%20HANDAYANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1292/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran IPA di SMP Negeri 17 Padang masih kurang diminati oleh siswa sehingga motivasi siswa dalam belajar menurun mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Akibatnya hasil belajar siswa rendah yaitu masih dibawah KKM. Mengatasi hal tersebut perlu diterapkan satu cara untuk membuat siswa aktif dan termotivasi dalam pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) disertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri17 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling, sehingga terpilih kelas VIII6 (Kelas eksperimen) dan kelas VIII8 (kelas kontrol). Penilaian yang dilakukan pada ranah afektif yaitu berupa instrumen penilaian diri dan instrumen penilaian antar teman dan penilaiaan kognitif yang dilakukan adalah penilaian hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil tes akhir, didapatkan nilai rata-rata ranah afektif kelas eksperimen pada penilaian diri yaitu 64,33 lebih rendah dari pada kelas kontrol yaitu 75,24. Dengan uji t, didapatkan thitung -2,47 dan ttabel=1,66 pada taraf nyata 0,05 dan dk adalah 64. Jadi ttabel thitung maka hipotesis ditolak. Selanjutnya pada ranah afektif penilaian antar teman diperoleh rata-rata kelas eksperimen 62,69 dan kelas kontrol 73,27 didapat thitung -15,41 dan ttabel=1,66 pada taraf nyata 0,05 dan dk adalah 64. Jadi ttabel thitung maka hipotesis ditolak. Nilai rata-rata kognitif pada kelas eksperimen yaitu 74,43 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 72,02. Uji normalitas dan uji homogenitas didapatkan data berdistribusi normal dan memiliki varians yang tidak homogen maka dilakukan uji-t’ didapatkan data yaitu ttabel = 2,04 dan thitung = 2,41 karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here disertai media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Padang tahun pelajaran 2016/2017