Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTsN Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Idola, Idola
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1289/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1289/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1289/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1289/4/11010246%20IDOLA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1289/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Kemudian, dalam proses pembelajaran guru sudah menggunakan metode ceramah dan diskusi, namun siswa masih terlihat kurang aktif dalam berdiskusi kelompok belajar dan tidak ikut serta berpartisipasi dalam diskusi kelompok serta tidak ada menaggapi hasil dari diskusi kelompok lain. Sehingga berdampak terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII MTsN Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII MTsN Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah kognitif adalah soal objektif, untuk ranah afektif adalah penilaian diri, ranah psikomotor dari hasil laporan siswa. Analisis data hasil tes akhir kelas sampel dilakukan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapat rata-rata hasil tes akhir pada kelas eksperimen 57,99 dan kelas kontrol 57,71. hasil uji-t didapatkan thitung<ttabel, yaitu thitung = 0,14 dan ttabel = 1,67, dengan demikian maka hipotesis pada kedua kelas sampel ditolak. Pada ranah afektif kelas eksperimen diperoleh nilai modus keseluruhan 2,74 dengan predikat C dan kelas kontrol 2,57 dengan predikat C. Sedangkan ranah psikomotor kelas eksperimen memperoleh capaian optimum 3,13 dengan predikat B dan kontrol 3,00 dengan predikat B. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi The Power Of Two disertai media gambar tidak dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa di MTsN Pancung soal Kabupaten Pesisir Selatan.