Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu pada saat diskusi hanya beberapa siswa yang aktif, proses pembelajaran siswa cendrung berpusat pada guru, tidak mau mengeluarkan pendapatnya, dan juga tidak mengajukan pertanyaan, bahkan tidak menjawab pertanyaan dari guru sehingga rendahnya hasil belajar biologi kelas XI IPA SMAN 2 Koto Baru dharmasraya tahun pelajaran 2016/2017 masih di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 78. Dengan rendahnya hasil belajar maka diterapkan model pembelajaran kooperatif Examples non examples terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Koto Baru dharmasraya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap hasil belajar biologi pada ranah afektif, ranah kognitif, dan ranah psikomotor siswa kelas XI di SMAN 2 Koto Baru Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Rondomized Control-Grup Postest Only Design. Populasi penelitian penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Koto Baru Dharmasraya yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2017/2018. Dengan Total Sampling, maka yang menjadi kelas sampel adalah siswa kelas XI IPA.I dan XI IPA.2. Instrumen yang digunakan pada ranah afektif menggunakan penilaian diri dan penilaian antar teman. Ranah kognitif menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 49 butir soal dan ranah psikomotor menggunakan penilaian produk. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dan t’. Berdasarkan hasil analisis pada ranah kognitif didapatkan nilai pada kelas eksperimen (76,99) dengan predikat Baik (B) dan nilai pada kelas kontrol (64,67) dengan predikat Cukup (C). Dari uji hipotesis yang dilakukan didapat bahwa thitung > ttabel dimana thitung = 2,10 dan ttabel = 1,67 maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis data penilaian afektif penilaian diri didapatkan nilai pada kelas eksperimen (86,21) dengan predikat Sangat Baik (SB). Ranah afektif penilaian diri didapatkan nilai pada kelas kontrol (78,91) dengan predikat Baik (B). Ranah afektif penilaian antar teman didapatkan nilai pada kelas eksperimen (80.75) dengan predikat (B). Ranah afektif penilaian antar teman didapatkan nilai pada kelas kontrol (73.15) dengan predikat (B). Berdasarkan hasil analisis data ranah psikomotor didapatkan nilai pada kelas eksperimen (78,73) dengan predikat Baik (B). Berdasarkan hasil analisis data ranah psikomotor didapatkan nilai pada kelas kontrol (75,10) dengan predikat Baik (B). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah afektif, ranah kognitif, ranah psikomotor kelas XI IPA SMAN 2 Koto Baru Dharmasraya.