Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa kelas XI SMAN 1 Pancung Soal kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Salli, Maradona |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1275/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1275/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1275/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1275/4/11010225%20SALLI%20MARADONA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1275/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya rasa ingin tahu dan keaktifan siswa terhadap pembelajaran biologi. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa hanya menerima dan mencatat apa yang diterangkan oleh guru sehingga tidak ada usaha dari dalam diri siswa. Hal ini membuat nilai siswa dibawah KKM pada materi sistem reproduksi. Sistem reproduksi pada manusia merupakan materi yang bersifat konseptual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inovatif examples non examples terhadap hasil belajar biologi ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pancung Soal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan randomized control-group postes only design, populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Pancung Soal tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, terpilih kelas XI4 sebagai kelas eksperimen dan XI3 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian ranah kognitif pada kelas eksperimen 78,02, pada kelas kontrol 67,30. Dengan uji-t didapatkan nilai thitung > ttabel. maka menunjukan hipotesis diterima. Penilaian ranah afektif pada kelas eksperimen didapatkan nilai 2,97 dan pada kelas kontrol didapatkan nilai. 2,67, pada ranah afektif sama-sama memiliki kriteria predikat C. Pada penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen didapatkan nilai 3,46 dan pada kelas kontrol didapatkan nilai 3,36, pada ranah psikomotor sama-sama memiliki kriteria predikat B+. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Tipe Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMAN I Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan.