Pengembangan Model Pelayanan Bimbingan dan Konseling Pada Penyesuaian Diri Peserta Didik dalam Belajar (Studi di Kelas VIII SMP N 1 Pulau Punjung)

Main Author: Altika, Sarah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1262/1/13060079%20ALTIKA%20SARAH%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1262/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1262/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1262/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1262/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang belum mampu menyesuaikan diri dengan baik dalam belajar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) Penyesuaian diri peserta didik dalam belajar dilihat dari penyesuaian diri terhadap guru, (2) Penyesuaian diri peserta didik dalam belajar dilihat dari penyesuaian diri terhadap mata pelajaran, (3) Penyesuaian diri peserta didik dalam belajar dilihat dari penyesuaian diri terhadap mata pelajaran, (4) Penyesuaian diri peserta didik dalam belajar dilihat dari penyesuaian diri terhadap lingkungan fisik sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah semua peserta didik kelas VII SMP N 1 Pulau Punjung yang berjumlah 183 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling dengan jumlah sampel 126 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum penyesuaian peserta didik dalam belajar berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian berdasarkan sub variabel yaitu: (1) Penyesuaian diri peserta didik dalam belajar dilihat dari penyesuaian diri terhadap guru berada pada kategori cukup baik, (2) Penyesuaian diri peserta didik dalam belajar dilihat dari penyesuaian diri terhadap mata pelajaran berada pada kategori cukup baik, (3) Penyesuaian diri peserta didik dalam belajar dilihat dari penyesuaian diri terhadap teman sebaya berada pada kategori kurang baik, (4) Penyesuaian diri peserta didik dalam belajar dilihat dari penyesuaian diri terhadap lingkungan fisik sekolah berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu peserta didik agar dapat memahami dan meningkatkan penyesuaian diri peserta didik dalam belajar.