Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII di MTsN 5 Kota Padang Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Author: | Yuana, Fatia Utami |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/126/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/126/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/126/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/126/4/13010044%20YUANA%20FATIA%20UTAMI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/126/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu, pembelajaran siswa hanya terpusat pada guru hal ini berdampak pada kurang optimalnya kemampuan berfikir siswa, kurangnya inisiatif siswa dalam bertanya jika diadakan diskusi kelompok, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTsN 5 Kota Padang dalam proses pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII semester I MTsN 5 Kota Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII MTsN 5 Kota Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Kelas eksperimen VIII6 dan kelas kontrol VIII5 yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penilaian afektif berupa Penilaian Observer selama proses pembelajaran. Penilaian kognitif menggunakan soal yang diberikan melalui tes tertulis di akhir penelitian dengan bentuk objektif sebanyak 39 butir soal dan penilaian psikomotor berupa laporan diskusi. Teknik analisis data hasil tes akhir kelas sampel dalam bentuk soal objektif menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Berdasarka afektif siswa kela tu hipote da diteri ra dan ke uji hipotes maka . siswa n didapat k dapat d Learning (PBL) disertai lembar diskusi siswa (LDS) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor siswa kelas VIII di MTsN 5 kota Padang.