Profil Perilaku Bullying Peserta Didik di Sekolah Kelas VIII SMP N 1 Panti Kabupaten Pasaman
Main Author: | Radhita Syam Prima, Mutiara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1257/1/13060072%20RADHITA%20SYAM%20PRIMA%20MUTIARA%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1257/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1257/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1257/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1257/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami bullying di sekolah yang dilakukan oleh peserta didik lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggungkap bagaimana: (1) Profil perilaku bullying peserta didik di sekolah dilihat dari bentuk bullying fisik, (2) Profil perilaku bullying peserta didik di sekolah dilihat dari bentuk bullying verbal (3) Profil perilaku bullying peserta didik di sekolah dilihat dari bentuk bullying psikologis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah semua peserta didik kelasVIII SMP N 1 Panti dengan jumlah 141 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling dengan jumlah sampel 59 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum perilaku bullying peserta didik berada pada kategori cukup banyak. Hasil penelitian berdasarkan sub variabel yaitu : (1) Profil perilaku bullying peserta didik di sekolah dilihat dari bentuk bullying fisik berada pada kategori banyak, (2) Profil perilaku bullying peserta didik di sekolah dilihat dari bentuk bullying verbal tidak langsung berada pada kategori banyak dan verbal langsung berada pada kategori banyak (3) Profil perilaku bullying peserta didik di sekolah dilihat dari bentuk bullying psikologis berada pada kategori cukup banyak. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu peserta didik untuk tidak melakukan bullying pada peserta didik lainnya dan menghormati sesama peserta didik lainnya.