Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki self estteem rendah seperti dalam menyalurkan bakatnya, rasa percaya diri yang rendah dan mudah dipengaruhi oleh teman-temannya. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perbedaan sebelum dan setelah meningkatkan self esteem peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok, yang dilihat dari : 1) kondisi self esteem pre test peserta didik sebelum dilakukan bimbingan kelompok 2) kondidi self esteem post test peserta didik setelah dilakukan bimbingan kelompok dan 3) perbedaan self esteem peserta didik pre test dan sesudah post test layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subjek yang diselidik. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 10 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase.. Berdasarkan hasil penelitian peningkatkan self esteem peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok dapat disimpulkan bahwa: 1) kondisi self esteem pre test peserta didik sebelum dilakukan bimbingan kelompok 2) kondisi self esteem post test peserta didik setelah dilakukan bimbingan kelompok dan 3) perbedaan self esteem peserta didik pre test dan sesudah post test layanan bimbingan kelompok memiliki perbedaan yang signifikansi 0,00 (<0,05) Penelitian ini dapat direkomendasikan pada guru BK dan wali kelas agar lebih afektif dalam meningkatkan self esteem peserta didik.