Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keraguan dalam diri siswa SMA PGRI 1 Padang tentang kemampuan mengajar mahasiswa PPLK yang belum tentu sebaik ketika guru mereka mengajar oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh manakah tingkat persepsi siswa terhadap kinerja teaching classroom mahasiswa PPLK di atas. Jenis penelitian kuantitatif dengan tipe deskriptif. Populasi siswa SMA PGRI 1 Padang yang diajarkan oleh mahasiswa PPLK yaitu kelas X dan XI tahun ajaran 2016/2017, dan penarikan sampel teknik probability sampling dengan teknik simple rondom sampling dengan jumlah responden yang mengikuti 36 orang siswa. Jenis data yang digunakan penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data berupa angket berjumlah 17 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji chi kuadrat dan disesuaikan dengan teori Atribusi dan teori Kinerja dari Gibson. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi siswa terhadap kinerja mahasiswa PPLK mengenenai kompetensi pelaksanaan pembelajaran terdiri kegiatan awal pembelajaran, penguasaan mengelola kelas dan kegiatan akhir pembelajaran. Kompetensi evaluasi pembelajaran terdiri memberi umpan balik serta program pengayaan dan program perbaikan serta pengayaan Berdasarkan hasil uji chi kuadrat diperoleh χ 2hitung adalah sebesar 7,28 nilai ini lebih kecil dari χ 2tabel yaitu sebesar 24,996, χ 2hitung < χ 2tabel maka Ho diterima, sehingga keputusannya semakin rendah persepsi siswa terhadap kinerja mahasiswa PPLK maka semakin rendah kinerja mahasiswa PPLK.