Upaya Sekolah Dalam Membina Perilaku Siswa di SMK Dhuafa Padang
Main Author: | Melia, Fitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1245/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1245/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1245/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1245/4/13070206%20MELIA%20FITRI%20OK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1245/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi perilaku siswa yang sangat mencolok dimana dipengaruhi oleh latar belakang siswa di sekolah yang mayoritas merupakan anak-anak kurang mampu, anak yatim ,anak jalanan dan anak terlantar rata-rata berprilaku kurang baik. Mereka melakukan pelanggaran seperti cabut di jam pelajaran, terlambat datang kesekolah, tidak mengikuti upacara bendera, tidak berpakaian sesuai dengan aturan dan meminum minuman keras dan merokok di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk mendeskripsikan upaya sekolah dalam membina perilaku siswa di SMK Dhuafa Padang. Skripsi ini disusun berdasarkan masalah yaitu bagaimana upaya sekolah dalam membina perilaku siswa di SMK Dhuafa Padang. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan yaitu juni sampai juli. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori behavioristik dari Skinner. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif, informan dalam penelitian ini sebanyak 20 orang informan dengan Teknik Proposive Sampling artinya pemilihan informan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Unit analisis yang digunakan adalah kelompok. Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Milles dan Hubermant yaitu pengumpulan data, reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan Penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dilapangan upaya yang dilakukan sekolah dalam membina perilaku siswa sebagai berikut: 1) Memberi Keteladanan, 2) Memberikan nasehat, 3) Memberikan Pendidikan Agama dan 4) Pemberian Sanksi.