Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 30 Padang
Main Author: | Sri, Rahayu Andriyani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1241/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1241/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1241/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1241/4/11010215%20SRI%20RAHAYU%20ANDRIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1241/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP N 30 Padang yang masih dibawah KKM yaitu 80. Hal ini disebabkan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Pada saat proses belajar mengajar (PBM), bahkan ada siswa yang berbicara dengan teman sebangku dan juga ada yang membuat keributan didalam kelas, sehingga proses pembelajaran menjadi terganggu. Upaya mengatasi permasalahan tersebut penulis menerapkan model pembelajaran Think-Pair- Share (TPS) Disertai Media Gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ipa-biologi siswa kelas Siswa Kelas VIII Di SMPN 30 Padang dengan penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Disertai Media Gambar. Penelitian ini dilaksanakan bulan November-Desember 2016 di kelas VIII SMPN 30 Padang semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan VIII.5 sebagai kelas kontrol, Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif pada kognitif. Lembaran observasi sikap pada ranah afektif. Kelengkapan hasil, kerapian dan kebersihan pada ranah psikomotor.. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Hasil analisis data dari penilaian Kongnitif pada kelas eksperimen 70,49 dan pada kelas kontrol 53,65. Hasil uji-t didapatkan Thitung = 17,46 dan Ttabel =1,67 maka hipotesis diterima. Penilaian ranah afektif pada kelas eksperimen dengan predikat B (3,11) sedangkan pada kelas kontrol berada pada predikat C (2,97). Penilaian psikomotor kelas eksperimen dengan predikat A ̄(3,82) dan kelas kontrol berpredikat A ̄(3,79 ). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar IPA-Biologi siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) Disertai media gambar Kelas VIII SMPN 30 Padang.