Profil Perkembangan Emosi Anak Usia Dini di TK/RA Miftahul Jannah Kenagarian Sungai Sarik Lumpo Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Mai, Vandra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1235/5/13060115%20MAI%20VANDRA%20%20OK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1235/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1235/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1235/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1235/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak yang merasa takut, malu, khawatir, cemas, marah, cemburu, duka cita, ingin tahu dan gembira saat proses pembelajaran dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Perkembangan emosi positif anak usia dini 2) Perkembangan emosi negative anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan gejala-gejala, fakta dan realita yang ada di lapangan tentang profil perkembangan emosi anak usia dini. Adapun informan kunci dari penelitian ini adalah 1 orang guru sekaligus kepala sekolah, kemudian informan tambahan yaitu guru pendamping dan orang tua. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Perkembangan emosi positif anak usia dini yaitu anak merasa gembira ketika mendapatkan nilai yang tinggi. 2) Perkembangan emosi negative anak usia dini didominasi oleh emosi negative seperti anak merasa takut, malu, khawatir, cemas, marah, cemburu, duka cita dan rasa ingin tahu anak di sekolah. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada guru dan orang tua agar mampu membimbing anak menjadi pribadi yang baik dengan meminimalisir emosi yang negative dan lebih mengembangkan emosi positif pada anak.