Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya guru BK berperan menjadi model dalam menanamkan nilai-nilai karakter, adanya peserta didik yang tidak beretika saat berada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan yaitu 1) Peran guru BK menjadi penyayang yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik, 2) Peran guru BK menjadi model dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik, 3) Peran guru BK menjadi mentor yang beretika dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik. Jenis penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik di SMP Negeri 1 Batang Anai dengan jumlah 854 peserta didik. Penelitian menggunakan penarikan sampel secara stratified random sampling, jumlah sampel sebanyak 91 peserta didik. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik presentase. Hasil penelitian ini ditemukan peran guru BK dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Batang Anai adalah sebagai berikut: 1) Peran guru menjadi penyayang yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik berkategori baik, 2) Peran guru BK menjadi model dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik berkategori sangat baik, 3) Peran guru BK menjadi mentor yang beretika dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik berkategori sangat baik. Dari hasil penelitian direkomendasikan kepada guru BK agar dapat mempertahankan perannya dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik.