Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan pada saat praktik lapangan ada beberapa peserta didik yang masih tergolong lambat dalam memahami pelajaran dan membuat tugas-tugas yang diberikan guru, sehingga mengalami kesulitan belajar seperti pemusatan perhatian,ingatan, berperilaku yang kurang efektif dan pemecahan masalah dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Painan dilihat dari aspek kognitif, (2) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Painan dilihat dari aspek behavioral. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas X. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 42 orang peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Painan. Teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar di lihat dari aspek kognitif cukup efektif, 2) efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar di lihat dari aspek behavioral cukup efektif. Jadi penelitian pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh guru BK didapatkan hasil bahwa layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Painan cukup efektif, maka dari itu sebaiknya guru BK lebih meningkatkan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terutama dalam mengatasi kesulitan belajar agar lebih efektif.