Profil Perhatian Orang Tua kepada Peserta Didik yang Mempunyai Kesulitan Belajar di Kelas X SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Ilmawati, Ilmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1221/1/13060060%20ILMAWATI%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1221/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1221/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1221/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1221/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mempunyai kesulitan belajar dan kurang mendapatkan perhatian dari orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap:1) Profil perhatian orang tua kepada peserta didik yang mempunyai kesulitan dalam belajar dilihat dari aspek penguasaan diri, 2) Profil perhatian orang tua kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar dilihat dari aspek penanaman nilai-nilai, 3) Profil perhatian orang tua kepada peserta didik yang mempunyai kesulitan dalam belajar dilihat dari aspek pemberian peranan-peranan sosial. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang berusaha menggambarkan tentang suatu keadaan apa adanya. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Kinali dengan jumlah 32 orang penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket. Dan analisis data yang digunakan adalah teknik presentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Profil perhatian orang tua kepada peserta didik yang mempunyai kesulitan dalam belajar dilihat dari aspek penguasaan diri berada pada kategori perhatian, 2) Profil perhatian orang tua kepada peserta didik yang mempunyai kesulitan belajar dilihat dari aspek penanaman nilai-nilai berada pada kategori perhatian, 3) Profil perhatian orang tua kepada peserta didik yang mempunyai kesulitan belajar dilihat dari aspek pemberian peranan sosial pada kategori perhatian. Penelitian ini direkomendasikan agar orang tua lebih bersungguh memberikan perhatian kepada peserta didik dan dapat menunjang keberhasilan peserta didik dalam belajar.