Profil Bentuk Komunikasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran di Kelas X SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Nofi, Yani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1220/1/13060063%20NOFI%20YANI%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1220/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1220/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1220/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1220/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yaitu, kurang terampilnya peserta didik dalam berkomunikasi, menggunakan kata yang kurang sopan saat pembelajaran, expresi wajah yang kesal dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Profil bentuk komunikasi peserta didik secara verbal dalam proses pembelajaran, 2) Profil bentuk komunikasi peserta didik secara nonverbal dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMA Negeri 1 Kinali yang berjumlah 289 orang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 167 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Profil bentuk komunikasi peserta didik secara verbal berada pada kategori baik, 2) Profil bentuk komunikasi peserta didik secara nonverbal berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan lebih lanjut kepada para guru untuk dapat mengembangkan kemampuan komunikasi peserta didik dalam proses pembelajaran, agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasinya dengan baik.