Motivasi dan Prestasi Peserta Didik Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Di SD N 17 Pulasan Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung
Main Author: | Delvi, Yulianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1211/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1211/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1211/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1211/4/13070183%20DELVI%20YULIANTI%20OK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1211/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh jauhnya jarak antara tempat tinggal peserta didik dengan sekolah. Yaitu dengan jarak 10 Km dari rumah dengan kondisi berjalan kaki. Namun peserta didik tetap sekolah dan mempunyai semangat yang tinggi untuk mengikuti proses pembelajaran di SD N 17 Pulasan yang terletak di Jorong Batang Kati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil peserta didik, mengetahui faktor pendorong motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kebutuhan McClelland. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini purposive sampling, yang berjumlah 13 orang. Jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan observasi non partisipan, dengan wawancara terstruktur. Unit analisis individu. Analisis data dengan Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) profil peserta didik peserta didik yang mempunyai semangat yang tinggi untuk datang ke sekolah yaitu pada umumnya perempuan. Mata pencaharian orang tua peserta didik pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani dan ada juga yang bekerja sebagai penggarap ladang orang menerima upah dari hasil kerjanya. Dengan penghasilan Rp 500.000-1.200.000/Bulan. (2) Faktor yang menjadi pendorong motivasi peserta didik tetap sekolah adalah karena ada faktor ekstrinsik dari luar diri peserta didik yaitu ada dorongan dari orang tua, guru, dan teman sebaya. (3) Prestasi peserta didik dari Jorong Padang Laweh mempunyai semangat yang tinggi karena termotivasi oleh faktor eksternal yang memacu peserta didik supaya mendapatkan nilai dan prestasi yang baik di sekolah. Jadi karena adanya motivasi dari luar peserta didik mendapatkan prestasi belajar yang bagus di sekolah. Walaupun peserta didik mengikuti proses pembelajaran dengan kondisi yang cukup jauh mereka tetap mendapatkan prestasi belajar yang bagus.