Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Melalui Layanan Informasi (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII.8 SMP N 13 Padang)
Main Author: | Rena, Afrianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1196/1/13060099%20%20RENA%20AFRIANTI%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1196/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1196/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1196/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1196/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terkait dengan kepercayaan diri pada peserta didik kelas VIII.8. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kepercayaan diri pretest peserta didik sebelum melaksanakan layanan informasi, mendeskripsikan kondisi kepercayaan diri posttest peserta didik setelah dilaksanakan layanan informasi, mendeskripsikan perbedaan kepercayaan diri peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi. Metode penelitian ini tegolong jenis metode quasi eksperimen design one group pre and posttest design. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu peserta didik kelas VIII.8 yang berjumlah 32 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus interval dan uji t dengan bantuan program IBM SPSS versi 20.00. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: kepercayaan diri peserta didik (1) Dilihat dari kepercayaan diri peserta didik sebelum diberikan layanan informasi berada pada kriteria tidak percaya diri (2) Dilihat dari kepercayaan diri peserta didik sesudah diberikan layanan informasi berada pada kriteria cukup percaya diri dan percaya diri (3) Perbedaan kepercayaan diri peserta didik sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) yaitu nilai t-tes -10,335, apabila - thitung lebih kecil dari -ttabel (-10,335 < -2,045) maka terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada kepala sekolah dan guru BK agar lebih memasyarakatkan program layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik, sehingga dapat membantu peserta didik dalam menjalani kehidupan yang efektif. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Layanan Informasi