Penggunaan Reinforcement oleh Guru BK dalam Pemberian Layanan Informasi pada Peserta Didik di Kelas XII SMA Negeri 2 Batang Kapas
Main Author: | Sofia, Devita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1187/1/13060019%20SOFIA%20DEVITA%20%20%20OK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1187/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1187/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1187/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1187/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penggunaan reinforcement oleh guru BK yang kurang efektif dalam pemberian layanan informasi pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap 1) Profil penggunaan reinforcement positive oleh guru BK pada peserta didik dalam pemberian layanan informasi, 2) Profil penggunaan reinforcement negative oleh guru BK pada peserta didik dalam pemberian layanan informasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua peserta didik sebanyak 77 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan terungkap bahwa: 1) Profil penggunaan reinforcement positive oleh guru BK pada peserta didik dalam pemberian layanan informasi dikategorikan baik, 2) Profil penggunaan reinforcement negative oleh guru BK pada peserta didik dalam pemberian layanan informasi dikategorikan cukup baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan pada guru BK agar penggunaan reinforcement oleh guru BK dalam pemberian layanan informasi lebih efektif.