Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang peneliti temukan di lapangan, yaitu adanya peserta didik yang terlambat masuk sekolah, adanya peserta didik tidak mengerjakan tugas tepat waktu, adanya peserta didik bermain HP dalam proses pembelajaran, adanya peserta didik keluar masuk pada saat proses pembelajaran, adanya peserta didik yang tidak mengikuti proses pembelajaran dengan guru tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap 1) Sikap pendidik di MAN 1 Padang, 2) Kedisiplinan peserta didik di MAN 1 Padang dan 3) Pengaruh sikap pendidik terhadap kedisiplinan peserta didik di MAN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X dan XI di MAN 1 Padang yang berjumlah 519 orang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 orang dengan menggunakan teknik Simple Random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Sikap pendidik di MAN 1 Padang berada pada kategori cukup baik, 2) Kedisiplinan peserta didik di MAN 1 Padang berada pada kategori cukup disiplin dan 3) Pengaruh sikap pendidik terhadap kedisiplinan peserta didik di MAN 1 Padang memiliki kontribusi sebesar 10,9% dengan taraf signifikansi < 0,05. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar dapat meningkatkan kedisiplinan di dalam kelas serta disiplin dalam menepati jadwal belajar dan kepada guru agar dapat meningkatkan sikap fleksibel, terbuka, peka, tekun dan realistik.