Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya peserta didik yang kurang berkeinginan dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok, adanya peserta didik yang kurang tanggap pada saat mengikuti bimbingan kelompok, adanya peserta didik yang kurang bersedia untuk mengikuti layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Motivasi instrinsik peserta didik dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok. (2) Motivasi ekstrinsik peserta didik dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi peserta didik yang telah mengikuti bimbingan kelompok di kelas VIII sebanyak 48 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling, dengan Jumlah sampel sebanyak 48 orang. Jenis dan sumber data diperoleh langsung dari objek penelitian dan guru BK. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemudian melakukan uji validitas dengan menggunakan rumus pearson product momen dan uji reliabilitas dengan metode koefisien alfa cronbach. Sedangkan untuk melaksanakan analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Motivasi instrinsik peserta didik dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok termasuk pada kategori tinggi. (2) Motivasi ekstrinsik peserta didik dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok termasuk kategori tinggi. Berdasarkan penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik untuk mempertahankan motivasinya dan guru BK lebih meningkatkan kualitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode yang lebih menarik.