Profil Pencapaian Tugas Perkembangan Masa Dewasa Awal (Studi pada Mahasiswa di Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat Angkatan 2014)
Main Author: | Ari, Darmansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1181/1/12060260%20ari%20darmansyah%20%20%20OK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1181/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1181/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1181/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1181/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi untuk melihat bagaimana profil pencapaian tugas perkembangan mahasiswa pada masa dewasa awal di Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat Angkatan 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Profil Pencapaian tugas perkembangan mahasiswa pada masa dewasa awal dari segi intelektual. (2) Profil Pencapaian tugas perkembangan mahasiswa pada masa dewasa awal dari segi emosi, dan (3) Profil Pencapaian tugas perkembangan mahasiswa pada masa dewasa awal dari segi sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif. Populasi dari penelitian ini berjumlah 176 orang yang terdiri dari 6 sesi di mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2014. Sampel penelitian berjumlah 55 mahasiswa (random sampling) ini di ambil dari sesi d dan f yang menjadi sampel penelitian, pengumpulan data menggunakan angket dengan melakukan uji coba terlebih dahulunya, analisa yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profil Pencapaian tugas perkembangan mahasiswa pada masa dewasa awal dari segi intelektual berada pada kategori cukup tercapai. (2) Profil Pencapaian tugas perkembangan mahasiswa pada masa dewasa awal dari segi emosi berada pada kondisi cukup tercapai, dan (3) Profil Pencapaian tugas perkembangan mahasiswa pada masa dewasa awal dari segi sosial berada pada kondisi tercapai. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada mahasiswa untuk lebih sadar akan dirinya sebagai mahasiswa yang sudah dalam kategori dewasa awal.