Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya guru BK yang kurang maksimal dalam mengembangkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya guru BK dalam mengembangkan kreativitas belajar peserta didik dilihat dari: 1) Materi layanan penguasaan konten. 2) Metode layanan penguasaan konten. 3) Media layanan penguasaan konten. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu mengungkapkan upaya guru BK dalam mengembangkan kreativitas belajar peserta didik melalui layanan penguasaan konten. Informan kunci dari penelitian ini adalah 4 orang guru BK, kemudian informan tambahan yaitu 2 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, dan studi dokumentasi. Pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan upaya tersebut dilihat dari: 1) Materi layanan penguasaan konten tentang teknik mencatat yang rapi dan lengkap, teknik mengerjakan PR, dan keterampilan bertanya. 2) Metode layanan penguasaan kontennya adalah metode ceramah, tanya jawab, dan latihan. 3) Media layanan penguasaan konten yang digunakan adalah chart, papan tulis dan spidol. Kendala pelaksanaan materi tersebut jam BK kurang mencukupi, dan peserta didik masih ada yang tidak serius sehingga menganggu konsentrasi pembelajaran. Guru BK juga kurang maksimal dalam memberikan tindak lanjut kepada peserta didik yang kurang kreatif. Hasil temuan penelitian tersebut dapat direkomendasikan kepada guru BK agar meningkatkan upaya dalam mengembangkan kreativitas peserta didik baik dari segi materi, metode dan media, kemudian bagi peserta didik agar lebih serius dalam belajar.