Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang sering menggunakan media sosial dan melihat bagaimana peserta didik dapat menggunakan media sosial itu dengan baik nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Fungsi media sosial dilihat dari aspek identity, 2) conversations, 3) sharing, 4)presence, 5) relationships, 6) reputations, 7) gruops. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 320 dan semua seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 178 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media sosial memegang peranan yang besar dalam menentukan sikap berinteraksi peserta didik. Fungsi media sosial dilihat dari sub variabel yaitu : 1) identity berada pada kategori baik, 2) conversation berada pada kategori baik, 3) sharing berada pada kategori baik, 4) presence berada pada kategori cukup, 5) relationships berada pada kategori cukup, 6) reputation berada pada kategori cukup, 7) group berada pada kategori baik. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu peserta didik yang menggunakan media sosial agar dapat memanfaatkan fungsi media sosial bagi peserta didik dalam berinteraksi dengan secara baik kedepannya.