Daftar Isi:
  • LKS yang dipakai hanya digunakan pada saat kegiatan praktikum sementara siswa tidak menggunakan LKS pada saat praktikum. LKS yang digunakan guru tidak sesuai dengan komponen-komponen penyusun LKS. Sedangkan pada saat pembelajaran dikelas siswa dan guru hanya menggunakan buku paket yang ada di perpustakaan, buku paket yang dipakai pada saat proses pembelajaran jumlahnya sangat terbatas. Siswa harus bergabung dengan temannya dalam proses pembelajaran berlangsung, karena keadaan tersebut guru lebih banyak menerangkan pelajaran di depan kelas. Selain itu, hanya beberapa siswa yang memiliki buku pegangan lain. Untuk membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran dikembangkan bahan ajar berupa LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas LKS Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi sel untuk kelas XI SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Formative Evaluation (Tessmer) yang terdiri dari empat tahapan yaitu self evaluation, expert review dan one-to-one, small group dan field test. Pada tahap self evaluation dilakukan analisis siswa, analisis kurikulum dan analisis bahan ajar, tahap expert review dan one-to-one dilakukan validasi kepada dosen, guru dan tiga siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah, tahap small group (kelompok kecil) dilakukan praktikalitas kepada sembilan orang siswa yang memiliki kemampan tinggi, sedang dan rendah, tahap field test dilakukan uji lapangan kepada satu kelas siswa XI IPA SMA. Hasil uji validasi LKS Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing oleh validator ditinjau dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan menunjukkan bahwa LKS Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada kriteria sangat valid dengan nilai 81,72%. Hasil uji praktikalitas oleh siswa ditinjau dari kemudahan dan penggunaan, efisien waktu dan manfaat menunjukkan LKS Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada kriteria sangat praktis dengan nilai 86,94%. Hasil uji efektifitas LKS Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing didapatkan rata-rata penilaian aktivitas belajar siswa yaitu 75,22% dengan kriteria tinggi. Tingkat motivasi belajar siswa berdasarkan rata-rata keseluruhan dari empat indikator didapat 84,16% dengan kriteria sangat tinggi. Nilai pretest 27,57 dan posttest 76,47 dengan kriteria efektif dan rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar siswa 78,26% dengan kriteria baik atau optimal dan uji t 12,66 dengan kriteria signifikan atau berpengaruh. Berdasarkan analisis hasil data validitas, praktikalitas dan efektifitas dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi sel untuk kelas XI SMA sangat valid, sangat praktis dan efektif karena dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa.