Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan konsep diri peserta didik yang menganggap dirinya bodoh, tidak berani mengemukakan pendapat dan suka menyontek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) konsep diri fisik, (2) konsep diri sosial, (3) konsep diri (4) emosi, konsep diri moral dan (5) konsep diri kognitif. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah peserta didik SMPN 18 Padang berjumlah 515 peserta didik. Penarikan sampel digunakan teknik proportional random sampling. Jumlah sampel adalah 134 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa konsep diri fisik peserta didik berada pada kategori baik, konsep diri sosial peserta didik kategori baik, konsep diri emosi peserta didik berada pada kategori baik. Konsep diri moral peserta didik berada pada kategori baik. Konsep diri kognitif peserta didik berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada Guru Bimbingan dan Konseling, agar dapat memberi layanan berkaitan dengan materi mengenai konsep diri. Kepala sekolah, agar dapat mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling terutama dalam kegiatan pemberian layanan kepada peserta didik.