Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian siswa kurang mampu memahami pembelajaran biologi terutama pada materi zat adiktif dan psikotropika sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa. Kondisi ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan belum mengaktifkan siswa sehingga motivasi siswa rendah. Banyak siswa tidak mengeluarkan pendapat, mengajukan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan , pembelajaran masih berpusat pada guru, hal ini dapat dilihat pada rata-rata ulangan harian biologi siswa kelas VIII SMP N 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok yang masih berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dituntut kreativitas guru menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model yang menuntut kreativitas siswa adalah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP N 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa VIII SMP N 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah afektif melalui lembar observasi yang dinilai oleh observer selama proses pembelajaran, pada ranah kognitif menggunakan butiran soal objektif melalui tes akhir, dan ranah psikomotor dapat dilihat dari resume yang dibuat siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar biologi siswa yaitu pada ranah afektif diperoleh rata-rata nilai afektif siswa pada kelas eksperimen adalah 82,50 dan kelas kontrol adalah 73,85. Uji hipotesis diperoleh thitung (3,26) > ttabel (1,672). Pada ranah kognitif rata-rata nilai hasil tes akhir kelas eksperimen adalah 79,73 dan kelas kontrol adalah 73,65. Uji hipotesis diperoleh thitung (2,08) > ttabel (1,672). Sedangkan pada ranah psikomotor diperoleh rata-rata nilai keterampilan pada kelas eksperimen yaitu 79,86 dan kelas kontrol yaitu 75,14. Uji hipotesis diperoleh thitung (2,04) > ttabel (1,672) yang berarti ketiga ranah hipotesisnya diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP N 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok.