Respon Siswa Yang Memiliki Gaya Belajar Visual Terhadap Pelaksanaan Metode Konvensional Dalam Pembelajaran Sosiologi Di SMAN 2 Lembang Jaya Kab. Solok
Main Author: | Welma, Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1159/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1159/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1159/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1159/4/13070125%20%20WELMA%20YANTI%20%20ok.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1159/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat respon siswa yang memiliki gaya belajar visual terhadap pelaksaan metode konvensional dalam pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI IPS SMAN 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 52 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling kuota jumlah sampel sebesar 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupalembar pengamatan. Untuk menguji normalitas data digunakan uji kolmogrov smirnov-satu sampel dan untuk menguji homogenitas digunakan uji levene serta menguji pebedaan antara respon siswa yang memiliki gaya belajar visual terhadap pelaksaan metode konvensional dilakukan uji t ́. Hasil analisa data menunjukkan bahwa secara keseluruhan berdasarkan hasil persentase rata-rata respon siswa masih rendah dan respon siswa saat menggunakan metode konvensional dengan uji normalitas yakni pada siswa kelas X hasil uji normalitasnya tidak normal,dan pada dikusi hail uji normalitasnya normal, sedangkan pada kelas XI saat menggunakan metode ceamah terhadap siswa yang memiliki gaya belajar visual hasil uji normalitasnya tidak normal, pada saat menggunakan metode diskusi hasil uji normalitasnya normal. Uji homogenitas antara metode konvensional di kelas X hasil ujinya homogen dan begitu juga pada kelas XI hasil uji homogenitasnya homogen, jadi respon siswa saat menggunakan metode konvensional adalah sama baik dikelas X maupun dikelas XI. Setelah dilakukan uji beda antara metode konvensional dikelas X dan XI menggunakan uji t ́ hasil analisisnya menunjukkan tidak ada perbedaan respon siswa saat menggunakan metode konvensional dikelas X dan XI dan antara metode ceramah di kelas X dan ceramah di kelas XI serta diskusi dikelas X dan diskusi di kelas XI menggunakan uji t ́ dimana hasil ujinya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara respon siswa yang memiliki gaya belajar visual ketika menggunakan metode konvensional.